Wednesday, August 13, 2014

6 agustus 2014. Bromo "the best sunrise"

hendra, ryan, gw, sopir jeep, ela, dyah, noname

Bromo adalah salah satu list destinasi yang wajib gw kunjungi, nah kebetulan gua ketemu tmen SMA gw yg kuliah dijogja, dia cerita kalo mau kebromo tgl 27 agustus sama temen2 kuliahnya. Nahh dr situ gw pngen ikut. Gw juga gabung di sebuah group backpacker semarang, kebetulan juga ada salah satu member yang mau kebromo, gw kenalan namanya RIAN anak semarang, dan akhirnya fix tgl 6 kita berangkat. Lantaran gw udah janjian sama tmen gw pd tgl 27 itu, akhirnya gw bilang sama dia kalo mau berangkat tgl 6 aja, soalnya gw udah ngebet bgt pngen liburan.
Tgl 5 agt, tmen gw rian itu nyari tiket kereta matarmaja, tp gak dpet soalnya sdah booked sampai tgl 15 agt gt. Terpaksa kita naik bus dan kita janjian hari rabu tgl 6 agt jam 7 malem diterboyo.  Sebelumnya gua udah dpt brengan juga, ketemu di probolinggo sama anak medan dan pacarnya yg anak Kendal, mereka kuliah di udinus namanya HENDRA dan ELA, dan tmen gua RIAN juga dpt kenalan 2 cewek  anak mojokerto namanya DYAH dan yg 1 nya gua lupa. Untuk rute ke bromo dr semarang kita bisa melalui 2 jalur yaitu lewat malang terminal arjosari atau rute Surabaya terminal bungurasih, kedua rute tersebut menuju terminal banyuangga probolinggo, menuju cemoro lawang. Sebenarnya bnyak rute sih, cuma itu yg paling recommended.
Hari rabo tgl 6 agt 2014, pukul 18.30  gw udah di terboyo, gw ketemu rian untuk pertama kali. Kita rencana berangkat pukul 8/9 malem, tp terlalu lama di terboyo akhirnya gw berangkat jam 7 gt, kita naik bus ekonomi sinar mandiri mulia yg katanya recommended soalnya kondekturnya jujur dan sopirnya asyik. Kondisi bus yang memprihatikan, kursi serasa tidak ada busanya, dengan penuh sesak penumpang menemani perjalananku sampai ke Surabaya. Kita menuju terminal bungurasih surabaya dengan biaya 51k. Banyak pengamen juga malem2 gini, pedagang cangcimen2. Sampai sana masih pagi bgt sekitar jam 2 pagi, kita nyari mushola buat solat dan sejenak istirahat. Kondisi teras musola penuh sesak oleh pelancong, penumpang bus yg menunggu pagi, mereka tidur diemperan masjid layaknya ikan pindang yang berjejer-jejer. Bahkan untuk sekedar mau solatpun susah, dengan kondisi pintu yg dikunci, untuk mengantisipasi pindang2 yg berjerjer ini tidur  didalem mushola.
Hari kamis 7 agt pukul 03.30 pagi, gw sama RIAN bingung, mau ke probolinggo lansung atau nunggu pagi saja, soalnya bakal pagi bgt sampai diprobolinggo. Banyak pilihan busnya, bisa bus akas, ladju, dan bnyak lagi. Perjalanan ke probolinggo butuhin waktu 2 jam dengan biaya 20k, harusnya sih 15-17k tp gpplah. Sampai probolinggo gw ngabarin tmn kenalan gw yg udah janjian kmaren. Mereka udah duluan jalan2 disurabaya. Mereka sekarang sdh diprobolinggo dan menginap dipenginepan deket terminal banyuangga probolinggo. Perutpun keroncongan setiba di probolinggo. Kita nyari makan di deket2 terminal, rumah makan mbak sri jd pilihan kita. Sotonya porsinya jumbo bgt, entah soto khas mana, kita makan habis 9k, murah bukan? Dirumah makan gw disamperin sama hendra dan ela, itu juga pertama kalinya ktemu mereka, dengan bicara bahasa Indonesia khas medan. Kita diajak ke penginepannya dan mereka makan dulu di situ, orangnya welcome bgt, gw disuruh bersih2 diri dan  istirahat sejenak dipenginepannya. Taulah rasanya naik bus ekonomi selama 7 jam, rasanya remuk bgt.
bule menunggu elf penuh, sambil baca buku panduan wisata indonesia
Pukul 10.30 gua packing2 dan check out, gua, rian, hendra dan ela menuju terminal banyuangga buat naik elf atau taxinya orang situ, untuk menuju cemoro lawang. Cemoro lawang itu titik pemberhentian terakhir untuk semua wisatawan. Bisa juga nyewa jeep atau ojek disana untuk menikmati bromo.  Untuk naik elf ini kita harus nunggu penuh sampai 15 orang, setelah lama mnunggu akhirnya kita naik sama 5 bule, kita ber4 dan warga lokal ber5. Perjalanan mbutuhin waktu sekitar 2 jam untuk sampai cemoro lawang dan pemandangan pas mau sampai cemoro lawang sangatlah indah, kita melewati bukit-bukit hijau yg menjulang, perkebunan warga, udara yg sejuk sejenak mengalihkan rasa pegal dikaki karena berhimpitan sama penumpang lain. Biayanya sih biasanya 25k tp kmaren kena 30k, mungkin karena liburan kali.
yeah selamat datang diwisata bromo
Selamat datang diwisata kawasan bromo. Enggak menyangka bisa menginjakkan kaki di bromo, sebuah angan2, sebuah impian kecil ini akhirnya tersampaikan juga. Kawasan wisata bromo dihuni oleh suku tengger, dan mereka mayoritas beragama hindu dengan ciri-ciri perawakan pendek, pipi merah merona seperti dikasih balsh on dan selalu mengalungkan sarung. Jam menunjukan pukul 2 siang, tp hawa dinginnya kerasa bgt, mungkin karena ini suku tengger selalu mengalungkan sarung dilehernya. Kita nyari penginepan yg the best of the best penginepan termurah, setelah muter2 kita dpt pnginepannya pak sugeng bromo yg harganya 150/ kamar, jd kita msing2 kena 37,5k, karena murah ya gak dpt air panas buat mandi, soalnya airnya itu dingin bgt. Penginepan ini seperti rumah biasa, ada 4 kamar, 1 kamar mandi dan ruang tamu. Didalam kamar ada 2 bed, selimut dan bantal yg tersusun rapi. Kita jalan2 sebentar, menikmati bromo dari cemara lawang, padang pasirnya seakan berbisik ketika tertiup angin, padang savanna yg luas ditambah masyarakatnya yang ramah. Makanan disana gak ada yg special, bakso, nasi goreng, mie instan, dan harganya itu 10k semua, jd pilihlah yg bijak. Disana jngan kuatir gak ada signal, meski digunung towernya juga bnyak, mungkin karena wisata international.
ruang tamu, yang lantainya kayak es
Malam dibromo sepi dan dingin, menikmati segelas kopi kita ngobrol diruang tamu. Sekitar jam 7 malem 2 cewek dr mojokerto sdh sampai, Dia nginep di penginepan sama kayak kita, dia ngambil kamar sebelah kita karena memang semua kamar enggak dikunci jadi kita bebas milih kamar, kebetulan pak sugengnya juga gak pernah kepenginepan. Sekarang tinggal pilih deh kmar yg mau dipake, dan masih dengan harga 150k serasa kita menyewa 1 rumah.
Malem itu kita nyewa jeep kenalannya rian, dengan harga 600k untuk 4 lokasi, mahal ya? Enggak juga, rata2 di musim liburan ini, jeepnya itu nawarin harga 750k-800k untuk 4 lokasi, dan 450-600k untuk 2 lokasi. Kita janjian pukul 3.30 pagi untuk nganter di penanjakan 1, kawah bromo, bukit teletabies dan pasir berbisik. Dalam hati gua, ini apa enggak telat ya jam segitu. Kita ngopi smbil bercandaan, dan hawa semakin dingin, bantal dingin, kasur jd dingin, tarik selimut tidur deh.
kota malang dari penanjakan 1

Pukul 02.30 pagi kita bngun untuk siap2 buat naik jeep, airnya itu dingin bgt, serasa ada esnya. Baju double, jaket, topi kuplok, sarung tangan, slayer jd syal, sepatu, tp masih terasa dingin. Untuk yg gak bawa topi kuplok, sarung tngan bisa beli disini, itung2 mensejahterakan masyarakat lokal. Pukul 03.40 pagi kita berangkat naik jeep ke penanjakan 1, dan disana seru bgt, kita salip2an sama jeep, sama motor dan debu kemana2. Saat mnuju penanjakan 1, jalanannya nanjak bgt, berkelok2, ngeri kalo pake motor apalagi matic pasti didorong. Sampai di parkiran jeep udah rame bgt, bner kan kita telat. Disini cuaca cerah, sesuai harapan, bintang2 serasa deket bgt, lampu2  kota malang terlihat jelas, dan yg pasti DINGIN bgt, bule aja jaketnya tebel2 malahan ada yg pake selimut. Kebayangkan dinginnya kayak apa ? Tp kata sopir jeep bln agustus itu bln terhangat 20-15 c, kalo musim hujan bisa 10-0 c, embun saja beku. Kita menaiki tangga untuk sampai ke penanjakan 1, disamping2 berjejer2 penjual souvenir khas bromo.
sunrise dari penanjakan 1

Penanjakan 1 adalah Spot terbaik untuk melihat sunrise, di sini kayak ada gazebo dan sebuah undakan kursi untuk melihat sunrise. Disini udah rame bgt, kita muter2, nylinap2, dan dpt spot agak dipinggir gt. Ternyata disini juga ada yang mendirikan tenda. Sedikit demi sedikit cahaya muncul, warna jingga yg elok, segera membangunkan sari2 kehidupan, sinar emas hangat menerpa pipi, memperlihatkan keindahan gunung bromo, yg bahkan saat gelappun sudah sangat indah.  Sampai puncaknya matahari muncul dibarengi dengan diiringi tepuk tangan, itu keren bgt.  matahari sempurna mulai muncul, kita foto2, selfie dan enggak sadar kakiku menginjak tangan bule, dia mengumpat dengan bahasa yg enggak q mengerti. “sorry sir, I don’t know”. Dia masih saja mengumpat dengan bahasa asing.  Bahkan ada yg manjat tower untuk mendapatkan gambar yang bagus. Sekitar pukul 7 kita mulai turun mnuju kawah bromo.
dari atas gunung bromo, begitu jauh pariran jeep, sampai tdk terlihat

Kawah bromo adalah tempat yang sakral, dihari upacara tertentu, suku tengger melempar kepala kerbau ke dalam kawah sebagai persembahan. Cuma gw, dyah dan tmen yg 1 nya lagi yg turun menuju kawah bromo, hendra bilangnya udah pernah, ela dan rian mles jalan krena jauh. Disana kita bisa nyewa kuda, karena dr parkiran jeep menuju pure dan kawah bromo emg jauh.  Perjalanan melewati padang pasir, sdh seperti pasir gurun sahara, bedanya warna pasir disini hitam, smbil mnikmati hangatnya mentari pagi, gw terus melangkahkan kaki. Kita bakal melewati sebuah pure suci ditengah gurun, ya ini untuk acara besar agama hindu. Kita juga bakalan melewati parkiran kuda, tai kuda bergeletakan, bercampur dngn pasir, ditiup oleh angin dan dihirup manusia. Diperjalanan ada bule bilang gini take your photo ! dalam hati masak bule mnta fotoku, gua maju aja, bulenya bilang gini no no take your photo. Ohh ok, go ahead. Mungkin gua dilihat unik kali yak ? Debu bertebaran kemana-mana, sampailah gw ditangga menuju kawah bromo. Kawah yg terbuka menganga, memperlihatkan kengeriannya. Gw melihat kesekitar, sungguh takjub melihat keindahan dari atas sini. Parkiran jeep pun terlihat sangat jauh, dengan berjejer2 jeep itu pun tampak seperti mainan kecil. Bau belerang semakin menusuk hidung, kepalaku mulai pusing lama2 diatas. Gw bilang sama tmnku untuk turun. Sampai di jeep, gua liat dyah dari kejauhan pake kuda buat balik, eh ternyata dia jatoh dipasir dan kakinya kesleo. Maafkan temenmu ini yg meninggalkanmu diah.
bukit teletubies

Lokasi ke 3 bukit teletubies, kita bakal nglewati pasir berbisik dan padang savanna. Perjalanannya sangat menantang, seperti offroad dipadang pasir, seperti biasa debu kemana-mana, gw jadi kenyang karena debu. Tau serial teletubies kan ? nama bukit ini juga dinamain sesuai nama bukit diserial itu. Disana ada bukit2 kecil, besar, warnanya agak hijau kuning, karena ini bln agustus, kecuali dteng dimusim hujan pasti hijau bgt, tp kalo musim hujan jarang bisa ngeliat sunrise men. Jd pilihlah yg bijak. Kita foto2 bentar sambil, mnikmati pemandangan yg indah.
bergaya dijeep

Lokasi ke 4 pasir berbisik, disini bahaya buat orang bermotor, soalnya postur pasir yg tdk seimbang jd gampang jatoh, so be carefull. Disini bener2 mirip gurun2 pasir diarab, sebuah lukisan liuk-liuk yang menggores pasir, lekukan pasir khas gurun, dan ternyata suaranya emg gemuruh saat ketiup angin. Kita sempet dimarahi oleh pengawas yg memonitoring gempa, soalnya sudah memasuki area seismograf.
Selesai sudah trip kebromo, singkat bgt rasanya. Kita kembali ke penginepan, sebelum pulang jngan lupa mandi, siang2 aja rasanya dingin bgt airnya, seger. Gw sama rian ditawari trip lanjutan bang hendra kepulau sempu. Gw sama rian sih belum tahu tentang pulau sempu. Katanya berada dimalang selatan, gw sih iya aja, berhubung masih punya tabungan, tapi sidyah dan temennya pulang ke mojokerto.
Bromo itu luar biasa indah, bromo itu seperti karya imajinasi yg begitu sempurna dan itu nyata dan bisa u lihat dan rasakan, bromo itu seperti dunia fantasi, u bisa lihat sunrise, ada gurun pasir, sampingnya gurun savanna, mahameru. Pokoknya yg nyata itu lebih keren men.
Ini daftar biaya:
·         Makan soto 9k
·         Probolinggo malang 16 k
Total : 362.5k

Tips dan trik dari saya men kalo kebromo. Simak ya….
ü  Sebelum berangkat carilah info sbnyak mungkin, entah dr orang2 atau internet. Karena ini sangat bermanfaat, biar kita itu PD dan enggak ketipu ongkosnya.
ü  Belilah logistic saat perjalanan, dan obat2an pribadi.
ü  Bawa jaket yg tebel, syal, sarung tangan, topi kuplok, sepatu biar gak dingin, soalnya disana dingin bgt men.
ü  Saat mau naik elf, jngan sampai lebih jam 4 sore men, soalnya sdh jrang elf nya. Sbenernya msh ada sih men sampai malem, cuma harus bayar lebih dan jarang yg make, kalo mau nyewa 1 elf itu 300k men, bayangkan kalo cuma berdua, wassalam. Pilihan lain nyari toto travel, itu lumayan murah dibanding elf kalo malem.
ü  Kalo mau cari penginepan, carilah sesuai budget, dan cari sendiri, jngan lupa menawar.
ü  Kalo naik jeep, jngan lupa ditawar ya, kalo gak punya budget lbh baik lewat jalur malang dan nyewa motor disana, karena disana murah men, kalo nyewa ojek dibromo itu 150k, per orang. Saat nyewa jeep pas mau naik suruh si sopir untuk parkir di dalem jngan mau naik jeep ke kalo blm masuk pos tiket, karena akan dikenakan biaya masuk perorang itu 27.5k, hehe untuk motor pribadi 64k.
ü  Jngan sampai mau kalo disuruh jepret foto orang tengger karena bakal bayar.
ü  Kalo mau beli topi tuplok , sarung tangan, masker, jngan mnawar duluan, biarlah kita cuek, biar didatengin pnjual, karena bakal sedikit murah, kalo dibanding sengaja minat duluan, begitu juga kalo mau nyewa kuda.
ü  Sediakan uang cair, karena disana enggak da atm. Katanya dipenanjakan sih ada tp gua enggak liat,
ü  Untuk yg cari oleh2, selalu utamakan menawar.

bule pirang didepan cantik bgt, kayak barbie

suku tengger, dengan sarung dileher

sang pencari gambar

sperti pasar

pure ditengah gurun

parkiran kuda

tangga menuju kawah bromo

kawah bromo

pasir berbisik, seperti gurun sahara

2 bed

stasion arjosari malang

view dari cemara lawang

sunrise

semua mengabadikannya

ryan selfie

bule yang gw injak tangannya